Peran Vitamin D

Selain kalsium, komponen gizi lain yang esensial untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi adalah vitamin D. Selain berperan dalam penyerapan kalsium, vitamin D juga bertugas mempertahankan konsentrasi fosfat serta kalsium dalam darah, yang memungkinkan mineralisasi tulang dan mencegah terjadinya hipokalsemia tetani (kejang otot akibat kadar kalsium di dalam darah terlalu rendah).

Kekurangan vitamin D pada anak-anak

Anak-anak yang kekurangan kalsium berisiko mengalami rakitis, yaitu penyakit yang ditandai dengan kondisi tulang lemah, dan kaki atau punggung melengkung.

Kekurangan vitamin D pada orang dewasa

Defisiensi kalsium dapat menyebabkan osteomalasia, yaitu kelainan pada tulang yang menyebabkan tulang menjadi lunak dan rapuh, sehingga mudah mengalami patah tulang. Bagi kalangan manula, vitamin D dibutuhkan untuk mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).

Sumber vitamin D

Pada umumnya, vitamin adalah nutrisi yang hanya dapat diperoleh dari makanan atau suplemen karena tidak diproduksi oleh tubuh. Namun, lain halnya dengan vitamin D. Karena sifatnya yang cukup unik, vitamin ini cenderung dianggap sebagai hormon. Selain dari makanan, vitamin D juga dapat diproduksi oleh tubuh saat kulit terpapar sinar ultraviolet dari matahari. Bahkan, 80 – 90% vitamin yang diperoleh tubuh berasal dari sinar matahari.

Sementara, makanan yang mengandung vitamin D contohnya: ikan berminyak (salmon, sardin, makarel), telur, susu, yoghurt, keju, dan susu kedelai. Selain itu, juga makanan olahan yang sudah difortifikasi (ditambahi mikronutrien vitamin D), seperti sereal, roti, dan jus jeruk.

Kebutuhan kalsium dan vitamin D harian

Agar tubuh dapat menjaga kesehatan tulang secara optimal, konsumsilah vitamin D bersama dengan kalsium secara cukup. Berikut panduan konsumsinya:

UsiaAsupan kalsium per hariAsupan vitamin D per hari
9 – 18 tahun1300 miligram600 IU
18 – 50 tahun1000 miligram400 – 800 IU
Pria di atas 51 tahun1000 miligram800 – 1000 IU
Perempuan di atas 51 tahun1200 miligram800 – 1000 IU

Sumber: Medline Plus

Pastikan asupan vitamin D dan kalsium harian Anda tidak melebihi kebutuhan karena dapat meningkatkan risiko gangguan ginjal. Batasi asupan kalsium harian agar tidak lebih dari 2000 miligram per hari, dan total asupan vitamin D maksimal 4000 IU.

AUG,8th,2018
Artikel Terkait