Fungsi Kalsium Bagi Tubuh

Kalsium merupakan salah satu jenis mineral yang penting bagi tubuh. Umumnya, kalsium identik dengan upaya menjaga tulang sehat serta untuk pencegahan osteoporosis (pengeroposan tulang). Faktanya, fungsi kalsium jauh lebih banyak dari itu. Mineral ini juga dibutuhkan untuk mendukung organ-organ dan sistem tubuh bekerja dengan baik. Segudang manfaat kalsium antara lain:

Menjaga Kesehatan Tulang

Sebagian besar kalsium yang masuk ke tubuh diserap oleh tulang. Namun, efektivitas penyerapan kalsium pada setiap orang berbeda-beda karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti usia, jenis kelamin, dan zat gizi lain.

Tulang manusia bisa disebut sebagai “organ hidup”. Ini karena sepanjang hidup kita, tulang terus mengalami proses yang disebut remodeling, yakni sel-sel tulang yang sudah lama akan dikikis dan diganti dengan yang baru. Sel tulang yang disebut osteoblas bertanggung jawab dalam pembentukan, pemeliharaan, pertumbuhan, dan perbaikan tulang. Sementara, sel yang disebut osteoklas berperan dalam proses perombakan tulang ketika sel-sel tulang dihancurkan. Selain itu, osteoblas juga membantu menyerap kalsium, serta menjaga konsentrasi kalsium darah pada tingkat optimal.

Referensi:

https://medlineplus.gov/calcium.html
https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/calcium-full-story/
https://ods.od.nih.gov/factsheets/Calcium-Consumer/
http://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-781-calcium.aspx?activeingredientid=781

AUG,8th,2018
Artikel Terkait