5 Fakta Kalsium

Dari berbagai jenis mineral yang dibutuhkan tubuh, kalsium merupakan salah satu yang tugasnya paling penting. Kalsium sangat berperan dalam pembentukan tulang dan gigi. Maka itu, sebanyak 99% kalsium di tubuh terdapat pada tulang dan gigi.
Yuk, cari tahu sejumlah fakta penting tentang kalsium.

• Kalsium mempunyai banyak peran pada fungsi tubuh

Selain untuk pembentukan tulang dan gigi, kalsium juga berperan dalam sirkulasi dan pembekuan darah, gerakan otot, dan pelepasan hormon. Selain itu, kalsium turut membantu mengantarkan pesan dari otak ke berbagai bagian tubuh.

• Tubuh tidak memproduksi kalsium

Sumber asupan kalsium berasal dari makanan. Oleh karena itu, Anda harus mengonsumsi makanan tinggi kalsium setiap hari untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh (link ke artikel Sumber Kalsium). Bila perlu, untuk memastikan tubuh mendapat cukup kalsium, Anda bisa melengkapinya dengan mengonsumsi suplemen kalsium.

• Kalsium membutuhkan vitamin D

Agar kalsium dapat terserap dengan baik oleh tubuh, ia harus ditemani dan dibantu oleh vitamin D. Meskipun Anda mengonsumsi banyak kalsium, bila vitamin D dalam tubuh hanya sedikit, kalsium tidak akan terserap dengan optimal.

Selain dari makanan (link ke Peran Vitamin D) kulit secara alami akan membentuk vitamin D ketika terpapar sinar matahari.

• Kebutuhan kalsium setiap orang berbeda-beda

Ya, setiap orang memiliki kebutuhan kalsium yang berbeda-beda. Anak-anak umur 1-3 tahun misalnya, membutuhkan kalsium 650 mg per hari. Kebutuhan yang berbeda-beda ini disebabkan proses pembentukan tulang yang berbeda-beda pada setiap tahap usia. Kebutuhan kalsium mencapai puncaknya pada usia 18-29 tahun. Baca juga: Kebutuhan Kalsium Harian.

• Cara memasak makanan memengaruhi kandungan kalsium

Merebus makanan dalam air yang banyak dalam waktu lama dapat menurunkan kadar kalsium. Agar kalsium dalam makanan tidak hilang ketika dimasak, olah makanan dengan cara ditumis atau dikukus. Misalnya ketika merebus bok choy, coba hanya dikukus atau dimasak cepat dalam air mendidih untuk menjaga kalsium dalam bahan makanan.

Perhatikan pula makanan yang dikonsumsi bersamaan dengan makanan tinggi kalsium. Beberapa makanan yang mengandung asam oksalat, seperti bayam dan rubarb, dapat mengikat kalsium dan menghambat penyerapannya oleh tubuh. Pastikan Anda mencukupi kebutuhan kalsium dari beragam jenis makanan, dan bila perlu, lengkapi dengan konsumsi suplemen kalsium dan vitamin D.

Referensi:

http://www.healthline.com/health/8-fast-facts-about-calcium#supplements7

AUG,8th,2018
Artikel Terkait