Manfaat Olahraga Untuk Tulang Sehat

Banyak penelitian membuktikan efek positif dan peran penting olahraga terhadap kesehatan tulang. Baik dalam meningkatkan kepadatan tulang sebagai tabungan untuk masa depan, maupun memperlambatnya berkurangnya kepadatan tulang saat memasuki usia lanjut, dan setelah seorang wanita mengalami menopause.

Olahraga yang dilakukan sejak dini akan membuat kepadatan, pertumbuhan, dan kekuatan tulang secara maksimal. Olahraga teratur dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kepadatan tulang (1 - 3%) pada mereka yang berusia 30 - 40an, selain juga menjaga kesehatan jantung dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Tai chi selama 45 menit sehari yang dilakukan lima kali dalam seminggu, menurut penelitian yang dilaporkan dalam Physician and Sportsmedicine, dapat memperlambat berkurangnya kepadatan tulang pada wanita yang telah mengalami menopause hingga 3,5 kali lipat dibanding yang tidak melakukan tai chi.

Olahraga memiliki beberapa mekanisme yang memberi kontribusi penting dalam membuat tulang tetap sehat, yaitu:

Setiap orang boleh saja memiliki motivasi yang berbeda dalam berolahraga, entah itu untuk bersenang-senang atau membentuk tubuh, namun untuk mendapatkan tulang yang sehat, olahraga yang disarankan para ahli bukan sekadar bergerak. Olahraga yang menyehatkan tulang adalah aktivitas fisik yang terencana, terstruktur, dilakukan secara rutin dan teratur, serta memiliki tujuan untuk meningkatkan atau menjaga satu atau lebih aspek kebugaran tubuh.

Perlu diingat, olahraga saja tidak menjamin tulang Anda sehat, selamanya, Anda tetap perlu menjaga asupan nutrisi yang dapat menunjang tulang yang sehat seperti kalsium dan vitamin D, cukup mendapat sinar matahari, serta menjauhi rokok yang dapat membuat tulang keropos.

 

Referensi:

http://www.livestrong.com/article/133645-how-does-exercise-increase-bone-density/

AUG,8th,2018
Artikel Terkait