Gerakan Mudah untuk Tulang Sehat

Untuk meningkatkan kepadatan tulang, Anda tak harus ke gym setiap hari. Anda bisa melakukan langkah-langkah sederhana yang gampang dilakukan di mana saja, kapan saja, dan tetap bermanfaat bagi kesehatan tulang. Ya, sebab gaya hidup aktif bisa mencakup berbagai kegiatan yang menyenangkan, fun, sekaligus bermanfaat bagi kesehatan tulang. Berikut sontekannya:

• Belanja di supermaket sambil latihan beban

Hal ini sangat mungkin dilakukan, lho! Saat sedang mengantre di kasir, Anda bisa memanfaatkan waktu dengan mengangkat botol minuman atau sampo untuk melatih kekuatan pergelangan tangan.

• yak berjalan kaki dan menggunakan tangga alih-alih naik lift

Manfaatkan kegiatan sehari-hari Anda untuk melatih otot dan meningkatkan kepadatan tulang kaki dan pinggul. Manfaatkan trotoar dan gunakan tangga ketimbang naik lift atau tangga berjalan. Selain itu, kurangi ketergantungan pada kendaraan bermotor untuk menuju ke suatu tempat yang tergolong dekat. Bila masih memungkinkan dijangkau dengan berjalan kaki, manfaatkan kesempatan tersebut untuk melatih kekuatan tulang kaki.

• Bermain sambil menguatkan tulang

Sejumlah kegiatan yang menyenangkan juga bisa menyehatkan tulang, lho. Misalnya, menemani anak bermain bulutangkis, berlarian di taman, berkebun, atau menari salsa bersama teman-teman. Selain membuat tulang kuat dan sehat, kegiatan tersebut juga dapat membantu menurunkan stres.

• Menonton televisi sambil memperkuat pergelangan tangan

Siapa bilang Anda tidak bisa menjaga kesehatan tulang sambil asyik menikmati tayangan di televisi? Di saat jeda iklan, misalnya, Anda bisa melakukan latihan keseimbangan atau kekuatan dengan cara berdiri dengan satu kaki, mengangkat dumbbell, atau melakukan gerakan plank selama beberapa menit. Praktis sekaligus fun, bukan?

• Berlatih di sela-sela kesibukan

Padatnya aktivitas dan minimnya waktu sering dijadikan alasan untuk tidak melakukan latihan yang bertujuan menjaga kepadatan tulang serta menguatkan otot. Padahal, ada banyak gerakan simpel yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kekuatan pergelangan tangan. Misalnya, push-up pada dinding atau meja, serta meremas-remas stress ball atau bola tenis sambil terus bekerja.
Yang pasti, tidak ada kata terlambat untuk memulai gaya hidup yang lebih aktif. Yuk, lakukan sekarang juga!

Referensi:

https://nos.org.uk/about-osteoporosis/prevention-are-you-at-risk/bone-building-exercise/
http://www.nhs.uk/Livewell/healthy-bones/Pages/exercises-for-strong-bones.aspx
http://extension.psu.edu/health/functional-foods/health-nutrition-fact-sheets/physical-activity-for-bone-health

AUG,8th,2018
Artikel Terkait