Menjaga Kesehatan Tulang Saat Hamil

Kehamilan merupakan hal yang membahagiakan. Namun di tengah kegembiraan, jangan lupa untuk lebih memerhatikan kesehatan tulang Anda. Karena saat hamil tulang rentan terkena osteoporosis, yaitu berkurangnya kepadatan tulang.

Kepadatan tulang bisa berkurang bila janin Anda tak mendapat cukup kalsium. Janin memerlukan kalsium dalam jumlah yang besar untuk pembentukan tulang-tulang dan giginya. Ketika jumlah kalsium sang ibu tak mencukupi, janin akan mengambil kalsium dari tulang Anda.

Bila bayi terus menerus mengambil kalsium dari tulang ibu, tentu kesehatan tulang ibu akan terancam. Dalam beberapa kasus, seorang wanita bisa mengalami osteoporosis, atau kerapuhan tulang selama hamil. Kondisi ini bisa membuat tulang menjadi keropos dan mudah patah.

Untungnya, selama kehamilan wanita memproduksi lebih banyak estrogen. Hormon ini membantu melindungi tulang. Meski begitu, calon ibu tetap harus menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat. Bukan hanya ketika hamil, namun juga sebelum hamil. Ada tiga hal yang harus Anda perhatikan agar tulang Anda tetap sehat selama hamil.

• Memastikan tubuh Anda mendapat cukup kalsium.

Karena janin Anda juga membutuhkan kalsium, maka kebutuhan kalsium harian ibu hamil lebih besar dari orang biasa, yaitu 1.200-1.300 mg per hari. Kebutuhan kalsium ini bisa Anda penuhi dari makanan yang tinggi kalsium, seperti susu, yogurt, keju, sayuran hijau, dan makanan laut. Untuk memastikan Anda mendapat cukup kalsium, Anda dapat mengonsumsi suplemen kalsium yang terbukti aman bagi ibu hamil, yaitu CDR. Selain mengandung 250 mg kalsium, CDR juga diperkaya oleh vitamin C, D, dan B6. Nutrisi-nutrisi tersebut ikut menjaga kesehatan tulang. Bahkan vitamin B6 dapat meringankan gejala mual pada ibu hamil.

• Tetap berolahraga.

Seperti otot, tulang akan menjadi lebih kuat ketika Anda berolahraga. Olahraga teratur terutama latihan weight bearing, yaitu latihan yang membuat tulang melawan gravitasi, bisa membuat tulang bertambah kuat. Tak perlu olahraga terlalu berat, cukup berjalan kaki secara teratur atau latihan beban menggunakan beban yang ringan. Selain menyehatkan tulang, olahraga juga bisa memperbaiki mood, membuat tidur lebih nyenyak, mengurangi nyeri punggung, konstipasi, dan kembung. Ketiga hal tersebut kerap mengganggu ibu hamil.

• Terapkan gaya hidup sehat.

Jangankan saat hamil, tak hamil pun Anda sebaiknya tidak merokok. Merokok sudah terbukti membuat kepadatan tulang berkurang. Alkohol juga harus Anda jauhi bila ingin tulang tetap kuat. Jangan pula terlalu banyak mengonsumsi kopi, karena kopi juga dapat memengaruhi kesehatan tulang.

Dengan menerapkan ketiga hal tersebut, Anda tak perlu khawatir akan kesehatan tulang Anda selama kehamilan. Tak perlu cemas pula dengan kesehatan jabang bayi Anda. Nikmati setiap momen kehamilan Anda dengan tenang.

Referensi:

https://www.niams.nih.gov/Health_Info/Bone/Bone_Health/Pregnancy/default.asp

AUG,8th,2018
Artikel Terkait