Calon Ibu Perlu Lebih Banyak Kalsium?

Selamat kepada Anda, para calon ibu. Anak memang berkah yang tak ternilai. Karena itu, mulai sejak dini, persiapkan diri Anda untuk menyambut si kecil. Salah satunya dengan memastikan tubuh Anda mendapat cukup kalsium.

Tak seperti ketika Anda belum mengandung, saat hamil Anda perlu lebih banyak kalsium. Ini karena janin yang berkembang dalam kandungan Anda memerlukan banyak kalsium untuk membentuk tulang-tulangnya. Kebutuhan akan kalsium ini semakin bertambah pada tiga bulan terakhir kehamilan. Jika Anda tidak mendapat cukup asupan kalsium, maka janin akan mengambil kalsium dari tulang Anda.

Jumlah yang tepat

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG), Kementrian Kesehatan tahun 2013, kebutuhan kalsium wanita hamil adalah 1.200 - 1.300 mg per hari. Kebutuhan ini lebih banyak dibanding wanita dewasa yang membutuhkan kalsium 1.000 - 1.100 mg per hari. Oleh karena itu, pola makan ibu hamil harus diperhatikan agar dapat memenuhi kebutuhan kalsium tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, ibu hamil dapat mengonsumsi berbagai makanan tinggi kalsium, seperti:

Kabar baiknya, tubuh wanita hamil lebih baik dalam menyerap kalsium, dibanding wanita yang tidak hamil. Terutama ketika janin tumbuh dengan cepat dan membutuhkan banyak sekali kalsium. Namun kadang mengandalkan makanan saja tak cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Apalagi selain kalsium Anda juga memerlukan nutrisi lain untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin D misalnya, membantu penyerapan kalsium. Sedangkan vitamin C berperan dalam proses pembentukan tulang. Tak kalah penting adalah vitamin B6. Vitamin ini membantu menurunkan risiko patah tulang serta membantu mengurangi mual pada ibu hamil.

Bila perlu, ibu hamil dapat mengonsumsi suplemen kalsium. Pilih suplemen kalsium yang terpercaya, seperti CDR. CDR telah dipercaya masyarakat Indonesia selama lebih dari 50 tahun. CDR juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Selain kalsium, CDR juga mengandung vitamin D, C, dan B6 yang menjaga kesehatan tulang. Bentuk effervescent CDR membuat suplemen kalsium ini praktis dikonsumsi dan memiliki rasa segar yang banyak disukai orang.

Referensi:

https://www.health.ny.gov/publications/1992/index.htm

AUG,8th,2018
Artikel Terkait